Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau dari keluarga tanaman kubis. Brokoli berasal dari Italia dan dikenal sejak abad ke-enam. Hingga saat ini, brokoli terkenal sebagai sumber makanan yang paling sehat karena mengandung berbagai macam nutrisi termasuk kandungan sumber yang hanya dapat diperoleh dari tumbuhan yaitu fitonutrien yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh manusia

  1. Sumber makanan anti-kanker – Konsumsi 1-2 gelas brokoli per hari dapat memperbaiki berbagai kerusakan tubuh yang disebabkan oleh kanker. Berbagai kandungan brokoli yang dapat berperan sebagai zat anti kanker adalah berbagai fito-nutrien, vitamin C, A, dan E serta mineral seperti potassium dan selenium. Kandungan nutrisi ini dapat berperan sebagai antioksidan dan membantu metabolisme oksigen dan mencegah inflamasi pada tingkat sel yang merupakan fase awal dari perkembangan kanker.
  2. Detoksifikasi tubuh – kandungan  vitamin C yang tinggi dan sulfur dalam brokoli membantu mengurangi racun dalam darah yang menyebabkan gatal-gatal, ruam, gout, artritis, dan rematik.
  3. Meningkatkan kesehatan kulit – kandungan vitamin C, vitamin B kompleks dan vitamin E membantu dalam mengganti jaringan kulit yang rusak, sedangkan vitamin A dan K serta folat berfungsi sebagai pencerah kulit. Brokoli juga memiliki berbagai fito-nutrien yang mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.
  4. Menjaga kesehatan saluran pencernaan – kandungan serat dalam brokoli membantu mencegah dan mengobati sembelit, selain itu magnesium dan berbagai kandungan vitamin dalam brokoli mengurangi keasaman lambung sehingga dapat meningkatkan fungsi penyerapan nutrisi dan mencegah inflamasi pada saluran pencernaan.
  5. Memelihara kesehatan mata – kandungan beta-karoten, vitamin A, B, C dan E serta fosfor mencegah kerusakan sel mata dan terjadinya katarak serta membantu dalam memperbaiki kerusakan mata akibat radiasi.
  6. Daya tahan tubuh – kandungan vitamin C dan berbagai mineral dan fito-nutrien dari brokoli membantu membangun imunitas tubuh dan mencegah berbagai infeksi.
  7. Kesehatan tulang – kandungan kalsium beserta mineral dalam brokoli lebih mudah diserap oleh tubuh dan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tulang anak-anak serta individu yang rentan terkena osteoporosis.
  8. Kehamilan –brokoli mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, terutama asam folat yang mencegah kecacatan pada bayi baru lahir.
  9. Kesehatan pembuluh darah – kandungan mineral dari brokoli membantu memperlancar aliran darah sehingga dapat mencegah tekanan darah tinggi, selain itu berbagai kandungan nutrisi dalam brokoli juga membantu kerja insulin untuk menyeimbangkan kadar gula darah. Berbagai kandungan vitamin B juga membantu menurunkan risiko aterosklerosis dengan mencegah produksi homosistein berlebih dalam pembuluh darah.
  10. Mencegah anemia – konsumsi brokoli secara rutin membantu memenuhi kecukupan zat besi dan omega-3 dalam mencegah anemia. Selain itu kandungan tembaga (copper) membantu fungsi zat besi dalam memproduksi sel darah merah.